Minggu, 11 Maret 2012

Rumput Laut

1. Definisi rumput laut



     Rumput laut merupakan tumbuhan sejenis alga. Rumput laut tidak memiliki akar, batang, dan daun tetapi memiliki klorofil sama halnya dengan tumbuhan darat. Rumput laut merupakan tanaman makro alga yang hidupnya di laut yang tidak mamiliki akar, batang, dan daun sejati dan pada umunya hidup di dasar perairan dan menempel pada substrat. Rumput laut disebut tanaman karena mempunyai klorofil sehingga bias berfotosintesis. Fungsi akar, batang, dan daun pda rumput laut digantikan thailus, yaitu menyerap nutrisi.

2. Anatomi Rumput laut

  • Thallus adaalah bentuk pertumbuhan yang menyerupai percabangan. Rumput laut menyerap makanan melalui sel-sel yang terdapat pada Thallus. 
  • Holdfast (juga ada pada kelp) adalah bagian dasar dari rumput laut yang berfungsi untuk menempel pada substrat.


3. Manfaat rumput lat
  1. Antikanker 
  2. Antioksidan klorofil 
  3. Pada alga hijau dapat berfungsi sebagai zat antioksidan. Zat ini berfungsi membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh. 
  4. Mencegah kardiovascular. 
  5. Ekstrak rumput laut dapat menurunkan tekanan darah penderita hipertensi. Selain itu juga rumput laut dapat menyerap kelebihan kada garam, baik untuk dikonsumsi bagi penderita stroke. 
  6. Kandungan serat yang tinggi bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolism sehingga baik untuk penderita Obesitas. 
  7. Agar-agar. 
  8. Obat tradisional. 
  9. Untuk mengobati penyakit bronchitis, TBC, batuk, demam, influinza, dan cacingan.